Etika Keperawatan
POLA HUBUNGAN PERAWAT DENGAN PROFESI KESEHATAN LAIN
A.
PENGERTIAN
Kolaborasi merupakan istilah umum yang
sering digunakan untuk menggambarkan suatu hubungan kerja sam yang dilakukan
pihak tertentu. Sekian banyak pengertian yang dikemukakan dengan sudut pandang
beragam namun didasari prinsip yang sam yaitu mengenai kebersamaan, kerja sama,
berbagi tugas, kesetaraan, tanggung jawab dan tanggung gugat. Namun demikian
kolaborasi sulit didenifisikan untuk menggambarkan apa yang sebenarnya yang
menjadi esensi dari kegiatan ini. Seperti yang dikemukakan National Joint
Practice Commision(1977) yang dikutip Siegler dan Whitney(2000) bahwa tidak ada
definisi yang mampu menjelaskan sekian ragam variasi dan kompleknya kolaborasi
dalam kontek perawatan kesehatan.
Pada saat sekarang dihadapkan pada
paradigma baru dalam pemberian pelayanan kesehatan yang menuntut peran perawat
yang lebih sejajar untuk berkolaborasi dengan dokter. Pada kenyataannya profesi
keperawatan masih kurang berkembang dibandingkan dengan profesi yang
berdampingan erat dan sejalan yaitu profesi kedokteran. Kerjasam dan kolaborasi
dengan dokter perlu pengetahuan, kemauan, dan keterampilan, maupun sikap yang
professional mulai dari komunikasi, cara kerjasama dengan pasien, Maupin dengan
mitra kerjanya, sampai pada keterampilan dalam mengambil keputusan.
Salah satu syarat yang paling penting
dalam pelayanan kesehatan adalah pelayanan yang bermutu. Suatau pelayanan
dikatakan bermutu apabila memberikan kepuasan pada pasien. Kepuasan pada pasien
dalam menerima pelayanan kesehatan mencakup beberapa dimensi. Salah satunya
adalah dimensi kelancaran komunikasi antaran petugas kesehatan (termasuk
dokter) dengan pasien. Hal ini berarti pelayanan kesehatan bukan hanya
berorientasi pada pengobatan secara medis saja, melainkan juga berorientasi
pada komunikasi karena pelayanan melalui komunikasi sangat penting dan berguna
bagi pasien, serta sangat membantu pasien dalam proses penyembuhan.
B.
TREND DAN ISSUE
YANG TERJADI
Hubungan perawat-dokter adalah satu
bentuk hubungan interaksi yang telah cukup lama dikenal ketika memberikan
bantuan kepada pasien.Perspektif yang berbeda dalam memendang pasien,dalam
prakteknya menyebabkan munculnya hambatan-hambatan teknik dalam melakukan
proses kolaborasi. Kendalap sikologi keilmuan dan individual, factor sosial,
serta budaya menempatkan kedua profesi ini memunculkan kebutuhan akan upaya
kolaborsi yang dapat menjadikan keduanya lebih solid dengan semangat
kepentingan pasien.
Berbagai penelitian menunjukkan bahwa
banyak aspek positif yang dapat timbul jika hubungan kolaborasi dokter-perawat
berlangsung baik. American Nurses Credentialing Center (ANCC) melakukan
risetnya pada 14 Rumah Sakit melaporkan bahwa hubungan dokter-perawat bukan
hanya mungkin dilakukan, tetapi juga berlangsung pada hasil yang dialami pasien
( Kramer dan Schamalenberg, 2003). Terdapat hubungan kolerasi positif antara
kualitas huungan dokter perawat dengan kualitas hasil yang didapatkan pasien.
Hambatan kolaborasi dokter dan perawat
sering dijumpai pada tingkat profesional dan institusional. Perbedaan status
dan kekuasaan tetap menjadi sumber utama ketidaksesuaian yang membatasi
pendirian profesional dalam aplikasi kolaborasi. Dokter cenderung pria, dari
tingkat ekonomi lebih tinggi dan biasanya fisik lebih besar dibanding perawat,
sehingga iklim dan kondisi sosial masih mendkung dominasi dokter. Inti
sesungghnya dari konflik perawat dan dokter terletak pada perbedaan sikap
profesional mereka terhadap pasien dan cara berkomunikasi diantara keduanya.
Dari hasil observasi penulis di Rumah Sakit nampaknya perawat dalam memberikan asuhan keperawatan belum dapat melaksanakan fungsi kolaborasi khususnya dengan dokter. Perawat bekerja memberikan pelayanan kepada pasien berdasarkan instruksi medis yang juga didokumentasikan secara baik, sementara dokumentasi asuhan keperawatan meliputi proses keperawatan tidak ada. Disamping itu hasil wawancara penulis dengan beberapa perawat Rumah Sakit Pemerintah dan swasta, mereka menyatakan bahwa banyak kendala yang dihadapi dalam melaksanakan kolaborasi, diantaranya pandangan dokter yang selalu menganggap bahwa perawat merupakan tenaga vokasional, perawat sebagai asistennya, serta kebijakan Rumah Sakit yang kurang mendukung. Isu-isu tersebut jika tidak ditanggapi dengan benar dan proporsional dikhawatirkan dapat menghambat upaya melindungi kepentingan pasien dan masyarakat yang membutuhkan jasa pelayang kesehatan, serta menghambat upaya pengembangan dari keperawatan sebagai profesi.
Dari hasil observasi penulis di Rumah Sakit nampaknya perawat dalam memberikan asuhan keperawatan belum dapat melaksanakan fungsi kolaborasi khususnya dengan dokter. Perawat bekerja memberikan pelayanan kepada pasien berdasarkan instruksi medis yang juga didokumentasikan secara baik, sementara dokumentasi asuhan keperawatan meliputi proses keperawatan tidak ada. Disamping itu hasil wawancara penulis dengan beberapa perawat Rumah Sakit Pemerintah dan swasta, mereka menyatakan bahwa banyak kendala yang dihadapi dalam melaksanakan kolaborasi, diantaranya pandangan dokter yang selalu menganggap bahwa perawat merupakan tenaga vokasional, perawat sebagai asistennya, serta kebijakan Rumah Sakit yang kurang mendukung. Isu-isu tersebut jika tidak ditanggapi dengan benar dan proporsional dikhawatirkan dapat menghambat upaya melindungi kepentingan pasien dan masyarakat yang membutuhkan jasa pelayang kesehatan, serta menghambat upaya pengembangan dari keperawatan sebagai profesi.
C.
PEMAHAMAN
KOLABORASI
Pemahaman mengenai prinsip kolaborasi
dapat menjadi kurang berdasar jika hanya dipandang dari hasilnya saja.
Pembahasan bagaimana proses kolaborasi itu terjadi justru menjadi point penting
yang harus disikapi.bagaimana masing-masing profesi memandang arti kolaborasi
harus dipahami oleh kedua belah pihak sehingga dapat diperoleh persepsi yang
sama.
Seorang dokter saat menghadapi pasien
pada umumnya berfikir, “ Apa diagnosa pasien ini dan perawatan apa yang
dibutuhkannya “ pola pemikiran seperti ini sudah terbentuk sejak awal proses
pendidikannya.Sudah dijelaskan secara tepat bagaimana pembentukan pola berfikir
seperti itu apalagi kurikulum kedokteran terus berkembang.Mereka juga
diperkenalkan dengan lingkungan klinis dibina dalam masalah etika,pencatatan
riwayat medis,pemeriksaan fisik serta hubungan dokter dan pasien.Mahasiswa
kedokteran pra-klinis sering terlibat langsung dalam aspek psikososial
perawatan pasien melalui kegiatan tertentu seperti gabungan
bimbingan-pasien.Selama periode tersebut hampir tidak ada kontak formal dengan
para perawat,pekerja sosial atau profesional kesehatan lain.Sebagai praktisi
memang mereka berbagi linkungan kerja dengan para perawat tetapi mereka tidak
dididik untuk menanggapinya sebagai rekanan/sejawat.
Sejak awal perawat didik mengenal
perannya dan berinteraksi dengan pasien. Praktek keperawatan menggabungkan
teori dan penelitian perawatan dalam praktek rumah sakit dan praktek pelayanan
kesehatan masyarakat. Para pelajar bekerja di unit perawatan pasien bersama
staf perawatan untuk belajar merawat,menjalankan prosedur dan menginternalisasi
peran.
Kolaborasi merupakan proses komplek
yang membutuhkan shering pengetahuan yang direncanakan yang disengaja,dan
menjadi tanggung jawab bersama untuk merawat pasien. Kadangkala itu terjadi
dalam hubungan yang lama antara tenaga profesional.
Kolaborasi adalah suatu proses dimana praktisi keperawatan atau perawat klinik bekerja dengan dokter untuk memberikan pelayanan kesehatan dalam lingkup praktek profesional keperawatan, dengan pengawasan dan supervisi sebagai pemberi petunjuk pengembangan kerjasama atau mekanisme yang ditentukan oleh perturan suatu negara dimana pelayanan diberikan. Perawat dan dokter merencanakan dan mempraktekkan sebagai kolega, bekerja saling ketergantungan dalam batas-batas lingkup praktek dengan berbagi nilai-nilai dan pengetahuan serta respek terhadap orang lain yang berkonstribusi terhadap perawatan individu, keluarga dan masyarakat.
Kolaborasi adalah suatu proses dimana praktisi keperawatan atau perawat klinik bekerja dengan dokter untuk memberikan pelayanan kesehatan dalam lingkup praktek profesional keperawatan, dengan pengawasan dan supervisi sebagai pemberi petunjuk pengembangan kerjasama atau mekanisme yang ditentukan oleh perturan suatu negara dimana pelayanan diberikan. Perawat dan dokter merencanakan dan mempraktekkan sebagai kolega, bekerja saling ketergantungan dalam batas-batas lingkup praktek dengan berbagi nilai-nilai dan pengetahuan serta respek terhadap orang lain yang berkonstribusi terhadap perawatan individu, keluarga dan masyarakat.
Elemen kunci kolaborasi dalam kerja sama team
multidisipliner dapat digunakan untuk mencapai tujuan kolaborasi team:
1. Memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dengan menggabungkan keahlian unik professional
2. Produktifitas maksimal serta efektifitas dan efesiensi sumber daya
3. Meningkatnya profesionalisme dan kepuasan kerja, dan loyalitas
4. Meningkatnya kohensifitas antar professional
5. Kejelasan peran dalam berinteraksi antar profesional
6. Menumbuhkan komunikasi, kolegalitas, dan menghargai dan memahami orang lain.
1. Memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dengan menggabungkan keahlian unik professional
2. Produktifitas maksimal serta efektifitas dan efesiensi sumber daya
3. Meningkatnya profesionalisme dan kepuasan kerja, dan loyalitas
4. Meningkatnya kohensifitas antar professional
5. Kejelasan peran dalam berinteraksi antar profesional
6. Menumbuhkan komunikasi, kolegalitas, dan menghargai dan memahami orang lain.
Berkaitan dengan issue kolaborasi dan soal menjalin kerjasama kemitraan dokter, perawat perlu mengantisipasi konsekuensi perubahan dari vokasional menjadi professional. Status yuridis seiring perubahan perwat dari perpanjangan tangan dokter menjadi mitra dokter yang sangt kompleks. Tanggung jawab hokum juga akan terpisah untuk masing-masing kesalahan atau kelalaian. Yaitu, malpraktek medis, dan mal praktek keperwatan. Perlu ada kejelasan dari pemerintah maupun para pihak yang terkait mengeni tanggung jawab hukum dari perawat, dokter maupun rumah sakit. Organisasi profesi perawat juga harus berbenah dan memperluas sruktur organisasi agar dapat mengantisipasi perubahan.
Komunikasi dibutuhkan untuk mewujudkan
kolaborasi yang efektif, hal tersebut perlu ditunjang oleh saran komunikasi
yang dapat menyatukan data kesehatan pasien secara komfrenhensif sehingga
menjadi sumber informasi bagi semua anggota team dalam pengambilan keputusan.
Oleh karena itu perlu dikembangkan catatan status kesehatan pasien yang
memunkinkan komunikasi dokter dan perawat terjadi secara efektif.
Pendidikan perawat perlu terus ditingkatkan untuk meminimalkan kesenjangan professional dengan dokter melalui pendidikan berkelanjutan. Peningkatan pengatahuan dan keterampilan dapat dilakukan melalui pendidikan formal sampai kejenjang spesialis atau minimal melalui pelatihan-pelatihan yang dapat meningkatkan keahlian perawat.
Pendidikan perawat perlu terus ditingkatkan untuk meminimalkan kesenjangan professional dengan dokter melalui pendidikan berkelanjutan. Peningkatan pengatahuan dan keterampilan dapat dilakukan melalui pendidikan formal sampai kejenjang spesialis atau minimal melalui pelatihan-pelatihan yang dapat meningkatkan keahlian perawat.
Untuk mencapai pelayanan yang efektif
maka perawat, dokter dan tim kesehatan harus berkolaborasi satu dengan yang
lainnya. Yidak ada kelompok yang dapat penyatakan lebih berkuasa di atas yang
lainnya. Masing-masing profesi memilki profesional yang berbeda sehingga ketika
digabungkan dapat menjadi kekuatan untuk mencapai tujuan yang diharapkan.
Banyaknya faktor yang berpengaruh seperti kerjasama, saling menerima,
berfungsi. Kolaborasi yang efektif antara anggota tim kesehatan menfalisitasi
terselenggaranya pelayanan pasien yang berkulitas. Akan tetapi praktik
kolaborasi perawat dokter yang terjadi belum mencapai optimal tetapi masih
tahap berunding dan masih ada yang menghindar yang disebabkan kurang siapnya
sumber daya keperawatan dan masih adanya kesenjangan tingkat kependidikan
perawat dan dokter serta kuarangnya komitmen dokter untuk ikut meningkatkan
kualitas sumber daya manusia keperawatan.
1. Pada praktik kolaborasi mempunyai hubungan yaitu:Ada
hubungan bermakna komunikasi dengan prakti kolaborasi. Dengan komunikasi yang
baik dan menghargai profesi lain dalam pengambilan keputusan bersama (dalam
kolaborasi) di kelompok maka akan tercipta suatu tim work yang baik sehingga
komitmen dalam memberikan pelayanan yang komprehensip dapat tercipta.
2. Tidak ada hubungan antara domain dengan praktik
kolaborasi dimana domain sangatlah bervariasi, baik pendapat dokter maupun
perawat dan belum adanya standar domain bersama (dokter-perawat)yang baku di
Indonesia.
3. Komunikasi dan praktik kolaboarasi hubungannya
bermakna dengan dimoderasi oleh karakteristik demografi dan kebutuhan ekonomi
individu.
4. Hubungan domain dan praktik kolaborasi akan
berhubungan sangat bermakna secara statistik setelah dimoderasi oleh
karakteristik demografi dan kebutuhan ekonomi individu.
5. Ada perbedaan yang bermakna kolaborasi di antara
kelompok pasien yang parah, sedang, dan mandiri. Praktik kolaborasi pada tahap
berunding banyak dilakukan pada pasien yang ketergantungan sebagian
(sedang)karena pada pasien ketergantungan penuh (parah) dokter hanya memberi
pengarahan dan keputusan tanpa meminta pendapat perawat.
DAFTAR PUSTAKA
Hj.Nila Ismani, SKM.2001. Etika Keperawatan. Jakarta: Widia Medika
0 komentar